Rabu, 02 November 2016

Pesatnya perkembangan teknologi informasi berbasis smartphone

Perkembangan teknologi informasi berbasis smartphone semakin lama semakin berkembang pesat. Teringat sepuluh tahun lalu sebuah handphone hanya dapat digunakan untuk menelfon atau mengirim pesan singkat, saat ini sudah tidak terhitung lagi banyaknya fungsi yang dapat dilakukan sebuah ”ponsel pintar”
Laju teknologi yang cepat, juga kebutuhan akan informasi serta pertukaran data instan tanpa mengenal jarak dan waktu merupakan alasan utama para developer atau pembuat aplikasi untuk menciptakan inovasi baru setiap harinya.
Indonesia sebagai salah satu negara dengan pengguna aplikasi mobile yang kian bertambah setiap harinya merupakan pasar empuk dalam kemajuan bisnis aplikasi mobile. Tak heran perusahaan besar di industri teknologi informasi seperti Google pun mendirikan kantor perwakilannya disini.
Menilik dari segi penggunaan, masyarakat Indonesia pada umumnya merupakan konsumen yang sangat potensial dalam hal teknologi. Pemanfaatan teknologi tidak hanya sebatas penggunaan sosial media, tetapi juga sebagai bahan pembelajaran di beberapa sekolah. Anak-anak yang mungkin tadinya hanya sebagai pengguna aplikasi, kini mereka pun bisa membuat aplikasi sendiri sesuai dengan kebutuhan mereka.
Teringat lima tahun lalu, Fahma dan Hania, dua orang kakak beradik yang berhasil menang dalam ajang lomba pembuatan software Asia Pasific Information and Communication Technology Award pada Oktober 2010. Mereka berhasil membuktikan bahwa anak-anak Indonesia tidak hanya sebagai pengguna, tapi bisa juga menjadi pencipta aplikasi. Fahma yang saat itu masih berusia 12 tahun dan adiknya Hania yang berusia enam tahun membuktikan diri mereka adalah dua orang pembuat software termuda di dunia.
Dalam praktek kehidupan sehari-hari, ketergantungan masyarakat terhadap perangkat mobile cenderung cukup tinggi. Terbukti dengan gaya hidup saat ini ketika bosan melanda atau ditengah kemacetan, seringkali kita membunuh kebosanan dengan games atau aplikasi media sosial. Bahkan akhir-akhir ini produktivitas kita jauh lebih terbantu dengan adanya aplikasi navigasi yang dapat menunjukkan jalan beserta estimasi waktu yang cukup tepat. Belum lagi aplikasi Go-Jek yang memudahkan kita untuk memesan ojeg dengan cepat dan aman, serta tarif yang pasti, sehingga kita tidak perlu lagi tawar menawar dengan pengendara ojeg terlebih dahulu. Selain dari sisi pengguna, ekonomi masyarakat menengah kebawah yang berprofesi sebagai pengendara ojeg pun kian terangkat. Inilah yang bisa disebut dengan interaksi positif antara developer (pengembang aplikasi), pengguna aplikasi, serta masyarakat umum.

sumber : https://iwic.indosatooredoo.com/en/2015/06/pesatnya-perkembangan-teknologi-informasi-berbasis-smartphone/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar